%0 Thesis
%9 Bachelor/Skripsi
%A Yumna, Fitra Fakhrani
%A FIS,
%B Pendidikan Sosiologi FIS UNP
%D 2012
%F repounp:12654
%I Universitas Negeri Padang
%T Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam  Penulisan Skripsi di Jurusan Sosiologi FIS UNP
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12654/
%X Skripsi merupakan salah satu bentuk pelaporan suatu penelitian ilmiah pada  suatu disiplin ilmu di perguruan tinggi yang dibuat sebagai salah satu syarat  memperoleh gelar sarjana. Masalah yang terjadi di jurusan Sosiologi FIS UNP adalah  mahasiswa masih mengalami kesulitan ketika menulis skripsi sehingga selesai  menulis skripsi lebih dari satu semester sehingga mengakibatkan lulus tidak tepat  waktu. Ironisnya,selama perkuliahan tatap muka mahasiswa telah dibekali dengan  mata kuliah yang berkontribusi langsung dengan penelitian, yaitu metode penelitian  kualitatif, metode penelitian kuantitatif, teknik penelusuran dan penulisan ilmiah, dan  praktek penelitian. Meskipun mahasiswa telah dibekali dengan materi penulisan  karya ilmiah namun keterampilan menulis belum juga terbentuk. Penelusuran data  awal pada tabel 1 terlihat bahwa rata-rata mahasiswa menulis skripsi lebih dari satu  semester yaitu dari 32 orang mahasiswa yang wisuda periode Maret 2012 hanya 7  orang atau ± 21% yang menyelesaikan menulis skripsi selama enam bulan.  Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesulitan mahasiswa  dalam menulis skripsi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis skripsi.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesulitan belajar yang  dipopulerkan oleh W.H Burton. Burton mengidentifikasi bahwa seseorang dapat  dipandang mengalami kesulitan belajar apabila yang bersangkutan menunjukkan  kegagalan (failure) tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Salah satu  muara dari studi (proses perkuliahan) adalah mekanisme penelitian yang  direalisasikan ke dalam bentuk skripsi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi  kasus instrinsik. Informan penelitian adalah mahasiswa di Jurusan Sosiologi FIS  UNP yang sedang menyusun skripsi dalam rangka memperoleh gelar sarjana,alumni  mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan dosen pembimbing. Teknik pemilihan informan  dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu diambil secara sengaja sesuai  dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,  wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisa dengan langkah-langkah yaitu  mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: dalam menulis  skripsi mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP mengalami berbagai kesulitan adalah:  A. Kemampuan mahasiswa mengungkapkan ide; B. Budaya baca mahasiswa; C.  Gaya belajar mahasiswa; D. Pemahaman mahasiswa tentang metode penelitian; E.  Kesulitan mendapatkan data; F. Rendahnya penguasaan Bahasa Indonesia. Dari hasil  penelitian maka kesulitan yang paling menonjol yaitu tentang pemahaman mahasiswa  tentang metode penelitian