@phdthesis{repounp12554, title = {Pengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis Kelas X1 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2018}, month = {February}, author = {Yumiarti, Dewi Sismira}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya presentase pengaruh penerapan metode pembelajaran explicit instruction dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis kelas X1 Rekayasa Perangkat Lunak semester ganjil SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experimental design.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang pada 17 juli sampai 17 agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 RPL SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling . Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 RPL2 kelas eksperimen dan X1 RPL1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,48,sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,75. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan {\ensuremath{\alpha}}=0,05 didapatkan t hitung {\ensuremath{>}} ttabel yaitu (2,278 {\ensuremath{>}} 1, 677), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesisalternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti metode pembelajaran explicit instruction berpengaruh positif terhadap hasil belajar Pemrograman Web Dinamis siswa kelas X1 SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12554/} }