%A Cecilia Khairina Efendi %T Strategi Pengelolaan Pembelajaran oleh Tutor pada Keterampilan Jahit Tindas Program Desa Vokasi di Jorong Belubus Binaan SKB Lima puluh Kota %D 2014 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pembelajaran jahit tindas pada program desa vokasi di Jorong Belubus Binaan SKB Lima Puluh Kota, diduga strategi Pengelolaan pembelajaran oleh tutor dalam pelaksanaan pembelajaran keterampulan jahit tindas cukup baik. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran strategi pengelolaan pembelajaran keterampilan jahit tindas pada program desa vokasi binaan SKB Lima Puluh Kota di jorong belubus pada aspek penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan cacatan hasil belajar, dan pengelolaan motivasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaf, dengan respondennya adalah seluruh peserta didik yang mengikuti Keterampilan Jahit Tindas program desa vokasi di jorong belubus binaan SKB lima puluh kota sebanyak 15 orang yang diperoleh melalui metode sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan alat pengumpulan data pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa (1) gambaran penggunaan strategi pembelajaran berada pada kategori baik, (2) pencatatan kemajuan belajar berada pada kategori baik, (3) sedangkan motivasi yang diberikan tutor kepada peserta didik berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan secara umum strategi pengelolaan pembelajaran oleh tutor keterampilan jahit tindas program desa vokasi sudah baik dalam hal penggunaan strategi, pencatatan kemajuan belajar dan motivasional. Saran dalam penelitian ini kepada tutor untuk selalu menjadi tauladan yang baik dalam pelaksanaan sehingga motivasi minat dalam mengikuti pembelajaran menjadi lebih baik lagi. %K Strategi, Pembelajaran, Tutor, Keterampilan Jahit %L repounp12351 %I Universitas Negeri Padang