%0 Thesis
%9 Doctoral/Disertasi
%A Ardoni, Ardoni
%A Pascasarjana,
%B ILMU PENDIDIKAN S3 PPS UNP
%D 2016
%F repounp:12130
%I Universitas Negeri Padang
%K Media Pembelajaran  Layanan Informasi
%T Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sistem Pakar untuk Mata Kuliah Sumber dan Layanan Informasi
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12130/
%X Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan terhadap pelaksanaan  perkuliahan Sumber dan Layanan Informasi dalam memberikan pembekalan  kepada mahasiswa calon pustakawan di layanan rujukan yang merupakan layanan  utama di perpustakaan. Hasil wawancara dengan responden awal menunjukkan  bahwa terdapat kekurangan alokasi waktu yang membuat materi praktik  penguasaan tujuan dan cakupan, pengelompokan, dan konsultasi temu balik buku  rujukan tidak dapat dilaksanakan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan prototipe sistem  pakar yang valid dan praktis sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah  tentang sumber dan layanan informasi pokok bahasan cakupan buku-buku rujukan  dan teknik konsultasi rujukan dalam lingkungan belajar konektivisme, dan (2)  mengevaluasi efektivitas prototipe sistem pakar yang dikembangkan tersebut  terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menguasai cakupan bukubuku  rujukan dan mempersempit pertanyaan rujukan dalam bentuk konsultasi  rujukan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and  development). Validator penelitian ini terdiri dari 8 (delapan) orang pakar yang  terbagi ke dalam tiga kelompok. Prototipe produk penelitian ini juga diukur  praktikalitasnya melalui evaluasi sendiri, evaluasi satu-satu kepada 1 (satu) orang  pustakawan alumnus PS-IPK Universitas Negeri Padang (UNP) dan 4 (empat)  orang dosen, evaluasi kelompok kecil kepada 7 (tujuh) orang mahasiswa, dan  evaluasi kelompok besar kepada 37 (tiga puluh tujuh) orang mahasiswa. Uji  efektivitas produk melibatkan 105 orang mahasiswa.  Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tak terpandu, wawancara  terpandu, kuesioner, dan soal tes. Seluruh instrumen divalidasi oleh 2 (dua) orang  validator, kecuali satu instrumen karena instrumen tersebut merupakan checklist  yang sudah distandardisasi. Pengukuran efektivitas dilakukan dalam rancangan  penelitian eksperimental sungguhan (true experimental design), yaitu Posttest-  Only Control Design.  Dari analisis data diperoleh bahwa media pembelajaran sebagai produk  penelitian ini memiliki validitas dan praktikalitas rata-rata di atas 80%. Diperoleh  pula, bahwa media pembelajaran ini memiliki efektivitas untuk meningkatkan  skor yang diperoleh mahasiswa yang belum pernah mengikuti kuliah tentang  sumber dan layanan informasi, tidak berbeda dengan mahasiswa yang sudah  pernah mengikuti kuliah tersebut. Disimpulkan, media pembelajaran tersebut  valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran  dalam mata kuliah tentang sumber dan layanan informasi