%0 Thesis
%9 Bachelor/Skripsi
%A Marlinda, Lenni
%A FIP UNP,
%B Pendidikan Sosiologi Antropologi FIS UNP
%D 2014
%F repounp:12086
%I Universitas Negeri Padang
%T Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui  Permainan Katak Berbisik di PAUD Tunas Bangsa  Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12086/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menyimak anak usia  dini di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, yang  diduga karena kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru dalam  pengembangan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh  gambaran tentang kemampuan menyimak anak dalam mendengar, membedakan  suara dan memahami maksud pesan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian  murid yang ada di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung Kabupaten  Dharmasraya yang berjumlah 10 anak pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini  dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan.  Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan alat pengumpul data  pedoman observasi. Teknis analisis data menggunakan rumus persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan  menyimak anak melalui permainan katak berbisik dalam mendengar, membedakan  suara dan memahami maksud pesan. Berdasarkan hasil penelitian  disarankan kepada pendidik PAUD untuk menggunakan permainan katak berbisik  sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak  usia dini, bagi pengelola agar menyediakan fasilitas yang cukup bagi  pengembangan kemampuan menyimak anak usia dini, bagi peneliti selanjutnya  untuk memodifikasi permainan katak berbisik untuk pembelajaran menyimak  anak usia dini