%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Marlinda, Lenni %A FIP UNP, %B Pendidikan Sosiologi Antropologi FIS UNP %D 2014 %F repounp:12086 %I Universitas Negeri Padang %T Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Permainan Katak Berbisik di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12086/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menyimak anak usia dini di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, yang diduga karena kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru dalam pengembangan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan menyimak anak dalam mendengar, membedakan suara dan memahami maksud pesan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid yang ada di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 10 anak pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan alat pengumpul data pedoman observasi. Teknis analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menyimak anak melalui permainan katak berbisik dalam mendengar, membedakan suara dan memahami maksud pesan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pendidik PAUD untuk menggunakan permainan katak berbisik sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini, bagi pengelola agar menyediakan fasilitas yang cukup bagi pengembangan kemampuan menyimak anak usia dini, bagi peneliti selanjutnya untuk memodifikasi permainan katak berbisik untuk pembelajaran menyimak anak usia dini