%A Yudi Febrianto %T Gambaran Penggunaan Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Membaca dan Berhitung menurut Warga Belajar pada Program Keaksaraan Fungsional di PKBM Widya Dharma Nagari Sungai Aro Kabupaten Solok Selatan %D 2017 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya partisipasi warga belajar dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran membaca dan berhitung menurut warga belajar pada program keaksaraan fungsional di PKBM Widya Dharma Nagari Sungai Aro, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh, Kabupaten Solok Selatan, yang ditandai dengan tingginya kehadiran, dan keaktifan warga belajar. Peneliti menduga penyebabnya karena penggunaan bahasa ibu oleh tutor dalam pembelajaran membaca dan berhitung. Penelitian ini bertujuan menggambarkan penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran membaca dan berhitung menurut warga belajar pada program keaksaraan fungsional di PKBM Widya Dharma Nagari Sungai Aro, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh, Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, yang bermaksud meng gambarkan tentang penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran KF. Teknik pe ngumpulan data adalah wawancara terstruktur dan analisis data menggunakan perhitungan persentase. Dari hasil penelitian terlihat bahwa: (1) Penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran membaca pada program KF mempermudah serta mempercepat warga belajar dalam memahami materi yang disampaikan tutor guna meningkatkan kemampuan membaca warga belajar dan mampu berkomunkasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. (2) Penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran berhitung pada program KF mempermudah serta mempercepat warga belajar dalam memahami materi yang disampaikan tutor guna meningkatkan kemampuan berhitung warga belajar dan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Disarankan pihak pengelola dan tutor PKBM Widya Dharma agar tetap mempertahankan penggunaan bahasa Ibu dalam pembelajaran KF. %K BAHASA IBU, PEMBELAJARAN MEMBACA %L repounp12024 %I Universitas Negeri Padang