%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Lavega, Devia %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP %D 2011 %F repounp:11882 %I Universitas Negeri Padang %K RECIPROCAL TEACHING, TEACHING READING %T Using Reciprocal Teaching Strategy in Teaching Reading to Senior High School Students. %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11882/ %X Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara pengajaranAnalytical Exposition Text dengan menggunakan Reciprocal Teaching Strategy,sehingga dapat mengatasi masalah-masalah yang ada.Kemampuan siswa dalam memahami teks Analytical Exposition masihsangat kurang. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi dan kemampuan siswadalam memahami teks yang diberikan. Selain itu teknik mengajar guru yangkurang tepat dan tidak bervariasi, sehingga membuat siswa menjadi bosan dantidak mempunyai motivasi untuk membaca. Salah satu strategi pengajaran yangdapat membantu siswa dalam memahami teks Analytical Exposition adalahReciprocal Teaching Strategy. Strategi ini merupakan interaksi antara guru dansiswa dalam memahami sebuah teks melalui empat strategi yaitu predicting,clarifying, questioning, and summarizing.Dalam mengimplementasikan strategi ini, guru harus mempersiapkan bahanajar (Preparation) dan menyusun langkah-langkah pengajaran seperti Pre-readingactivities, Whilst-reading activities, dan Post-reading activities. Pada preparation,guru mempersiapkan teks dan media yang sesuai dengan materi yang akandiajarkan. Pada pre-reading activities, guru menyampaikan tujuan pembelajarandan meningkatkan motivasi siswa sebelum menerima pelajaran. Dalam whilstreading activities, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudianmemodelkan setiap strategi tersebut dengan mengaplikasikanya secara langsungpada teks yang akan diajarkan. Pada post-reading activities, guru menyimpulkanpelajaran dan memberikan PR (pekerjaan rumah).