TY - THES KW - HASIL BELAJAR KW - GAMBAR KONTRUKSI M1 - Skripsi AV - public TI - Kontribusi Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Gambar Konstruksi Siswa Kelas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Payakumbuh. A1 - Hardi, Deski N2 - Rendahnya hasil belajar mata diklat gambar kontruksi siswa kelas XProgram Studi Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Payakumbuh karenalingkungan belajar yang tidak kondusif. Lingkungan belajar yang tidak kondusiftersebut seperti keterbatasan peralatan dan perlengkapan belajar. Fasilitas ruanggambar yang hanya menampung setengah dari jumlah siswa. Berbagai situasi fisikyang berada di sekitar sekolah atau sekitar tempat berlangsungnya prosespembelajaran serta pergaulan siswa yang tidak terkontrol. Dan kurangnya disiplinyang diterapkan oleh sekolah maupun guru dalam proses pembelajaran. Tujuanpenelitian adalah untuk melihat kontribusi lingkungan belajar terhadap hasilbelajar pada Mata Diklat Gambar Konstruksi siswa kelas X Program Studi TeknikGambar Bangunan SMK N 2 Payakumbuh.Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan populasiseluruh siswa kelas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMKN 2Payakumbuh yang berjumlah 31 orang. Penarikan sampel dilakukan denganteknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Data yangdiperoleh dianalisa dengan menggunakan statistik parametrik yaitu korelasisederhana melalui program komputerisasi SPSS versi 15.0 pada tingkatsignifikansi ? = 0,05.Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Lingkungan belajar kelas XProgram Studi Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Payakumbuh sudah cukupbaik (76.76%). 2) Hasil belajar Mata Diklat Konstruksi Gambar siswa kelas XProgram Studi Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Payakumbuh baik (74.94%)dengan nilai mutu B. 3) Terdapat kontribusi lingkungan belajar sebesar 47%terhadap hasil belajar Mata Diklat Konstruksi Gambar siswa kelas X ProgramStudi Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Payakumbuh. UR - https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11852/ ID - repounp11852 PB - Universitas Negeri Padang Y1 - 2011/// ER -