%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Sari, Ayu Dwi Puspita %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP %D 2010 %F repounp:11639 %I Universitas Negeri Padang %K STUDENTS ABILITY, EXPOSITION TEXT, WRITE HORTATORY %T Improving Senior High School Students Ability to Write Hortatory Text Through Guided Writing Procedures. %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11639/ %X Makalah ini membahas tentang prosedur pengajaran menulis melaluilangkah-langkah atau panduan ”guided writing” dalam menulis untukmeningkatkan kemampuan siswa. Diharapkan dengan mengikuti panduanpanduan dalam menulis ini siswa dapat menuangkan pikirannya kedalam bentuktulisan dan membuat mereka tertarik dengan kegiatan menulis dalam prosesbelajar mengajar. Jenis text yang ingin penulis paparkan adalah HortatoryExposition text. Hortatory Exposition text adalah jenis text yang memberikanbeberapa pernyataan atau pendapat pada sesuatu yang harus atau tidak harusdilakukan menurut pendapat penulis. Ini bertujuan untuk membujuk pembaca ataupendengar dengan memberikan pernyataan pendukung.Salah satu strategi yang digunakan dalam menerangkan HortatoryExposition text ini adalah melalui ”guided writing” atau langkah-langkahmemandu siswa dalam kegiatan menulis. Dalam kegiatan ini, guru terlebih dahulumenjelaskan materi yang akan dipelajari, kemudian guru memodelkan langkahlangkah dalam menulis hortatory exposition text. Setelah itu, guru memberikansebuah topik kepada siswa dan menyuruh siswa bekerja bepasangan denganmengikuti langkah-langkah yang telah diberikan oleh guru. Kemudian gurumenyuruh satu pasangan untuk menulis pekerjaan mereka dipapan tulis. Setelahitu, guru dan pasangan lain memberikan komentar atau saran. Setelah menerimakomentar atau saran, siswa mencoba untuk mengoreksi pekerjaan yang telahmereka buat. Kemudian guru memberikan kesimpulan tentang materi kepadasiswa.Melalui penerapan strategi ”guided writing” penulis berharap dapatmemotivasi siswa untuk lebih aktif dan membantu siswa dalam menuangkan idekedalam tulisan. Penulis juga berharap guru biasa menggunakan modelpembelajaran ini dalam pengajaran menulis khususnya teks hortatory berdasarkanprosedur yang telah disediakan.