%0 Thesis
%9 Bachelor/Skripsi
%A Sari, Danthy Meillya
%A FIP,
%B PLS FIP UNP
%D 2014
%F repounp:11633
%I Universitas Negeri Padang
%T Persepsi Peserta Diklat terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran oleh Narasumber Pelatihan Pendidik  PAUD di SKB Lima Puluh Kota
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11633/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lancarnya kegiatan belajar melalui metode  pembelajaran yang digunakan narasumber dalam proses pelatihan pendidik  PAUD di SKB Lima Puluh Kota, terlihat dari peserta diklat yang memiliki konsentrasi  tinggi dalam pelatihan. Hal ini diduga narasumber membuat proses pelatihan  yang menarik dan menyenagkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  metode pembelajaran yang digunakan narasumber pelatihan pendidik  PAUD di SKB Lima Puluh Kota yang dilihat dari aspek metode pembelajaran  ceramah, metode pembelajaran diskusi, metode pembelajaran demonstrasi dan  metode pembelajaran karya wisata.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini adalah semua semua peserta pelatihan pendidik PAUD yang berjumlah 25  orang. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sensus yaitu seluruh  populasi dijadikan responden. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan  angket dan pedoman observasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan  rumus persentase.  Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan  narasumber pelatihan pendidik PAUD di SKB Lima Puluh Kota adalah (1)  Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran ceramah yang digunakan  oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam proses pelatihan, (2)  Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran pembelajaran diskusi  yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam proses  pelatihan, (3) Sebagian besar peserta diklat berpresepsi metode pembelajaran demonstrasi  yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam  proses pelatihan, (4) Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran  karya wisata yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan  sangat baik dalam proses pelatihan. Saran secara umum agar narasumber selalu  menerapkan metode pembelajaran yang baik sehingga kegiatan pelatihan berjalan  lancar.