%0 Thesis
%9 Bachelor/Skripsi
%A Setiawan, Irfan
%A FIS UNP,
%B Pendidikan Sosiologi Antropologi FIS UNP
%D 2012
%F repounp:11498
%I Universitas Negeri Padang
%T Hubungan antara Konformitas Kelompok Teman  Sebaya dengan Disiplin Siswa di SMA Negeri 5 Padang
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11498/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang peneliti temukan di SMA  Negeri 5 Padang yaitu masih terdapat siswa yang melanggar disiplin sekolah. Dalam  hal ini kelompok teman sebaya diduga mengakibatkan rendahnya sikap disiplin  siswa. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mengkaji hubungan konformitas  kelompok teman sebaya dengan disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk  mengungkapkan hubungan konformitas kelompok teman sebaya degan disiplin siswa  di SMA Negeri 5 Padang.  Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran  2011/2012. Sampel penelitian ini diambil secara stratified random sampling dengan  jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik yang digunakan dalam metode  pengumpulan data adalah metode kuesioner atau angket dengan skala Linkert. Teknik  analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors, uji  hipotesis dengan rumus korelasi product moment, kategorisasi berjenjang(ordinal)  dan koefisien determinan.  Hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product-moment diperoleh nilai  rhitung 0.570 sedangkan nilai rtabel 0.207, hal ini berarti terdapat hubungan antara  konformitas kelompok teman sebaya dengan disiplin siswa. Sumbangan konformitas  kelompok teman sebaya terhadap disiplin siswa adalah 32,49%.  Dari hasil analisis konformitas kelompok teman sebaya dengan sistem  kategorisasi semua indikator dari konformitas berada pada kategori sedang artinya  konformitas kelompok teman sebaya tidak mengikat individu dalam berprilaku,  individu memiliki kebebasan dalam menentukan sikap sesuai dengan norma dan  moral yang dianggap benar. Hasil analisis variabel disiplin dengan menggunakan  sistem kategorisasi seluruh indikator dalam disiplin siswa berada pada kategori  sedang artinya disiplin siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kelompok teman  sebayanya akan tetapi faktor psikologis, faktor lingkungan dan faktor perseorangan  ikut mempengaruhi siswa dalam menyikapi disiplin.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konformitas kelompok  teman sebaya dengan disiplin siswa dengan kategori sedang, artinya siswa memiliki  konformitas yang tidak berlebihan terhadap kelompok teman sebayanya, kelompok  siswa SMA Negeri 5 Padang tergolong kedalam kelompok referensi normatif uang  mana individu dalam kelompok memiliki kebebasan menentukan sikap sesuai dengan  norma, moral dan etika yang dianggap benar. Jadi apabila konformitas kelompok  teman sebaya berkategori sedang maka disiplin juga berkategori sedang.