%0 Thesis %9 Masters/Tesis %A Satriadi, Heri %A Pascasarjana, %B Administrasi Pendidikan S2 PPS UNP %D 2012 %F repounp:10634 %I Universitas Negeri Padang %T Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMKN 1 Ranah Pesisir dan SMKN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10634/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kontribusi motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru SMKN 1 Ranah Pesisir dan SMKN 1 Sutera, (2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SMKN 1 Ranah Pesisir dan SMKN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatand, (3) kontribusi motivasi berprestasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru SMKN 1 Ranah Pesisir dan SMKN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 124 orang yang tersebar pada dua Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, teknik pengambilan sampel dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu diperoleh sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) motivasi berprestasi memiliki kontribusi sangat signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan besarnya kontribusi adalah sebesar 99% (2) kepemimpinan kepala sekolah memiliki kontribusi sangat signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan besarnya kontribusi adalah sebesar 0,106 atau 10,6% (3) kompetensi motivasi berprestasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan besarnya kontribusinya adalah 99% Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru maka guru hendaknya dapat meningkatkan motivasi berprestasinya dan juga kepala sekolah dapat lebih meningkatkan lagi kepemimpinannya