Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Afniati, Ilhami (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ILHAMI_AFNIATI_19205018_173_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Hal ini karena kemampuan komunikasi matematis mendukung peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap utama yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Padang tahun ajaran 2022/2023. Instrumen pengumpuan data berupa pedoman wawancara, angket lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid yaitu 87,7 % untuk RPP dan 88,77% untuk LKPD dan praktis dengan masing-masing 77,78% dan 82,85% untuk RPP dan LKPD. Sedangkan berdasarkan hasil uji soal tes memenuhi kriteria keberhasilan tes kemampuan komunikasi dengan nilai rata-rata kelas 79,8 artinya perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorI Made, AmawaUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:40
Last Modified: 27 Sep 2024 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54237

Actions (login required)

View Item View Item