Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Literasi Kimia Siswa di SMK

Baizura, Kenny (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Literasi Kimia Siswa di SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_KENNY_BAIZURA_1204233_4547_2021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang di pelajari di jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah Kimia. Materi yang dibahas dalam mata pelajaran ini adalah hidrokarbon, berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru kimia yang ada di Sekolah, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga pemahaman siswa terhadap materi hidrokarbon rendah. Oleh karena itu, peneliti berpendapat perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa, serta bahan ajar yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif. Tujuan yang hendak dicapai dalam pengembangan modul ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Modul berbasis inkuiri terbimbing ini divalidasi oleh 3 orang validator dan diujikan kepada 32 orang siswa kelas X jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Palembayan untuk melihat tingkat kepraktisan dan keefektifan dari modul yang dikembangkan. Data penelitian uji validitas dan uji praktikalitas diperoleh melalui lembaran validasi dan lembar praktikalitas berupa angket respon guru kimia dan siswa yang dianalisis secara deskriptif berdasarkan uji statistik menggunakan Moment Kappa. Data penelitian diuji efektifitas diperoleh melalui tes hasil belajar mahasiswa. Hasil uji validitas modul berbasis inkuiri terbimbing diperoleh nilai ratarata momen kappa sebesar 0,48. Berdasarkan hasil angket respon guru kimia diperoleh nilai rata-rata moment kappa sebesar 0,95. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh nilai moment kappa sebesar 0,83. Hasil uji efektifitas modul dari hasil belajar siswa didapatkan nilai yang tinggi dengan rata-rata 83,2. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa, modul berbasis inkuiri terbimbing dengan literasi kimia yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif dengan kategori kevalidan , kepraktisan dan keefektifan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorRahadian, ZUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:32
Last Modified: 25 Sep 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54152

Actions (login required)

View Item View Item