Agustin, Safitri
(2024)
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Dasar
Kejuruan
di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar
kejuruan (DDK) di kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penlitian eksperimen.
Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok sampel yang terlibat, yaitu kelas X E2
sebagai kelompok eksperimen dan kelas X E3 sebagai kelompok kontrol. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling, sampel dipilih
dengan cara undian. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup soal pretest dan
posttest dalam bentuk objektif. Data pada penelitian ini menunjukkan bahwa
kelompok kelas eksperimen memiliki rata-rata 87,47, melebihi kelompok kelas
kontrol yang memiliki nilai rata-rata sebesar 78,48. Dari hasil ini dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki dampak yang
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,45%.Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa nilai Thitung (4,086) lebih besar dari Ttabel (1,66), sehingga
hipotesis (H
0
) ditolak dan hipotesis (H
) diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan
bahwa penggunaan metode pembelajaran Problem Based learning memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Kejuruan di Kelas X E2 Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Actions (login required)
|
View Item |