Penggunaan E-Modul Berbasis Strategi Meta Kreatif pada Efikasi Diri Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Tata Rias dan Kecantikan

Wirdaus, Fadilla (2024) Penggunaan E-Modul Berbasis Strategi Meta Kreatif pada Efikasi Diri Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Tata Rias dan Kecantikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FADILLA_WIRDAUS_20078085_4639_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efikasi diri kreatif berhubungan dengan keyakinan bahwa diri memiliki kemampuan melakukan tindakan yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran penelitian tata rias dan kecantikan masih ditemui kurangnya efikasi diri kreatif mahasiswa, mahasiswa masih kesulitan dalam memahami materi dan tugas serta kurangnya penerapan media pembelajaran kreatif yang dapat menghambat perkembangan kreatifitas mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efikasi diri kreatif mahasiswa dalam pembelajaran penelitian tata rias dan kecantikan dengan menggunakan dan tanpa menggunakan e-modul berbasis strategi meta kreatif dan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan e-modul berbasis strategi meta kreatif untuk efikasi diri mahasiswa. Jenis penelitian ini Quasi Experimen (Eksperimen Semu) dengan Rancangan pendekatan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswi Departemen Tata Rias Dan Kecantikan Angkatan 2021 yang berjumlah 53 orang, yang mengikuti pembelajaran penelitian tata rias dan kecantikan yang tebagi kedalam 2 kelompok yaitu kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan, dokumentasi dan instrument penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji independent sampel t-tes dan uji N-Gain. Perolehan hasil penelitian tingkat efikasi diri kreatif mahasiswa tanpa menggunakan e-modul berbasis meta kreatif memperoleh nilai 56% kategori rendah sedangkan pada hasil pretest memperoleh kriteria rendah sebesar 36% dan postest berada pada kriteria sedang dengan nilai 49%. Tingkat efikasi diri kreatif mahasiswa menggunakan e-modul berbasis meta kreatif memperoleh nilai 38% kategori tinggi,selanjutnya perolehan pretest sebesar pretest memperoleh kriteria rendah sebesar 40% sedangkan postest berada pada kriteria cukup tinggi dengan nilai 73%. Hasil uji independent sampel t-test menunjukan nilai sig (2-tailled) 0,000 < 0.05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan, efikasi diri kreatif mahasiswa menggunakan e-modul berbasis strategi meta kreatif yang menggunakan metode konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan strategi meta kreatif dimana perolehan efikasi diri kreatif mahasiswa lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk mempergunakan e-modul berbasis meta kreatif dalam meningkatkan efikasi diri kreatif mahasiswa pada pembelajaran tata rais dan kecantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, IndraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:41
Last Modified: 25 Sep 2024 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54132

Actions (login required)

View Item View Item