Utami, Andika Putri
(2019)
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1
Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah hasil
belajar siswa masih rendah.Hal ini juga terlihat pada kelas XI MIPA SMAN 1
Pariaman. Salah satu faktor penyebab terjadinya adalah pembelajaran yang belum
sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa mengembangkan kemampuan matematis
yang baik serta masih kurangnya guru dalam menganalisis lebih lanjut kesalahankesalahan
siswa dalam mengerjakan soal. Upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar matematikasiswa salah satunya adalah dengan
menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajarsiswa yang
menggunakan pembelajaran discovery learning dengan kemampuan penalaran
matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA
SMAN 1 Pariaman serta jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan
soal berdasarkan kesalahan menurut Newman.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan
rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design dan deskriptif
untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan
soal tes akhir. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 1Pariaman
dengan sampel kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal essay.
Berdasarkan analisis hasil tes akhir hasil belajar matematika siswa, diperoleh
rata-rata nilai siswa kelompok eksperomen yaitu 71,34 dan rara-rata nilai siswa
kelompok kontrol yaitu 59,55. Hasil uji hipotesis menunjukkan taraf nyata α =
0,05 diperoleh P-value = 0,004 atau tolak Ho, maka dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model discovery learning lebih
baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional
di kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa
model discovery learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa. Adapun untuk tingkat kesalahan dalam menyelesaikan soal tes
akhir siswa kelas eksperimen memiliki persentase tingkat kesalahan yang rendah
dari kelas kontrol yaitu sebesar 52,3% sedangkan kelas kontrol sebesar 60,1%.
Sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan
keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir diikuti kesalahan
memahami dan kesalahan transformasi.
Actions (login required)
|
View Item |