Perhitungan Biaya Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Berdasarkan Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang)

Anindya, Griselda Khansa (2024) Perhitungan Biaya Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Berdasarkan Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_GRISELDA_KHANSA_ANINDYA_21062025_4246_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proyek akhir ini dilatar belakangi oleh peningkatan kecelakaan kerja dalam beberapa tahun terakhir. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) yang terencana dengan baik dalam sebuah proyek tentunya akan memberikan dampak yang baik terhadap kinerja proyek tersebut. Kementrian PUPR telah membuat peraturan mengenai SMKK melalui Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pedoman Keselamatan Konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya SMKK pada proyek Pembangunan Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Proyek akhir ini diawali dengan melakukan observasi ke lapangan untuk mewawancarai ahli K3, tujuannya untuk mengetahui kuantitas dan peralatan SMKK apa saja yang digunakan pada proyek tersebut. Kemudian melakukan studi literatur untuk menunjang beberapa referensi tentang SMKK, selanjutnya melakukan pengolahan data dan melakukan analisis terhadap hasil pengolahan data tersebut. Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh biaya SMKK pada proyek Pembangunan Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang berdasarkan Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2021 senilai Rp. 246.921.800,00 atau 0,84% dari nilai kontrak. Dapat disimpulkan bahwa persentase biaya SMKK tersebut hampir memenuhi idealnya biaya K3 yaitu berkisar 1,0 – 1,5% dari nilai kontrak poryek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:21
Last Modified: 24 Sep 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54078

Actions (login required)

View Item View Item