Penerapan Model Poject Based Learning Berbasis Maker Poster terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Menggambar Ilustrasi Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Rupit

Gazwami, Dibba (2023) Penerapan Model Poject Based Learning Berbasis Maker Poster terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Menggambar Ilustrasi Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Rupit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DIBBA_GAZWAMI_20161014_505_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis maker poster pada materi menggambar ilustrasi kelas VIII A di SMP Negeri 1 Rupit, 2) Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis maker poster materi menggambar ilustrasi kelas VIII A di SMP Neger i 1 Rupit. Jenis penelit ian yang digunakal n penelitian t indakan kelas yang terdiri dar i dua siklus dimana masing-masing siklus terdapat empat tahapan yait u perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan pengamatan. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelit ian Tindakan Kelas ini dilakukan di Kelal s VIII A SMP Negeri 1 Rupit. Subjek padal penelit ian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Rupit dengan jumlah siswa sebanyalk 26 orang. Dengan rincian jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan siswi perempual n berjumlal h 12 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data di analisis melalui persentase dan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang ada, maka dalpat disimpulkan bahwa; 1) Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkaln aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rupit, 2) Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajalran Seni Budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rupit. Hasil belajar seni budaya pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Rupit telal h mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan maker poster. Hal ini dapat dibuktikan dari analisis hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 54 % meningkat padal siklus II menjadi 92 %. Upaya peningkatan hasil belajar ini sudah baik karena kategori yang dicapai sudah baik sampai sangat baik. Dengan adanya peningkatan aktivitals belajar seni budaya siswa berdampak positif pada hasil belajar seni budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudiwirman, BudiwirmanUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL POJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK, MENGGAMBAR ILUSTRASI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Sep 2024 09:11
Last Modified: 23 Sep 2024 09:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54068

Actions (login required)

View Item View Item