Pengaruh Peran Orang Tua, Hemoglobin dan Status Gizi terhadap Hasil Belajar PJOK di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sungai Penuh

Yudhistira, Andika (2023) Pengaruh Peran Orang Tua, Hemoglobin dan Status Gizi terhadap Hasil Belajar PJOK di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ANDIKA_YUDHISTIRA_19199005 _57_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar PJOK siswa MTs N 2 Sungai Penuh baik pada aspek kognitif, psikomotor maupun afektif masih menjadi masalah dalam pembelajaran PJOK di MTs N 2 Sungai Penuh. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh peran orang tua, hemoglobin dan status gizi terhadap hasil belajar PJOK di MTs N 2 Sungai Penuh. Metode penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis jalur (Path Analysis). Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs N 2 Sungai Penuh yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang. Data dikumpulkan dengan observasi yaitu dengan pengukuran hemoglobin siswa, dan status gizi siswa serta pengisian angket peran orang tua oleh orang tua siswa yang menjadi sampel dalam penelitian. Selanjutnya, untuk mengukur hasil belajar PJOK digunakan nilai ulangan mingguan pada saat dilakukan penelitian (semester 2 tahun ajaran 2021/2022). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Orang tua berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK sebesar 16,24%. (2) Hemoglobin berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK sebesar 5,9%. (3) Status Gizi berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK sebesar 5,95%. (4) Peran orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui status gizi sebesar 19,53%. (5) Hemoglobin berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui status gizi sebesar 18,94%. (6) Peran orang tua, hemoglobin, dan status gizi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar PJOK sebesar 22,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorPadli, PadliUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERAN ORANG TUA, HEMOGLOBIN, STATUS GIZI, HASIL BELAJAR PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:16
Last Modified: 20 Sep 2024 09:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54057

Actions (login required)

View Item View Item