Sustari, Sustari
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Membuat Tanda Tangan Melalui Latihan Menulis Permulaan Huruf Awas bagi Anak Low Vision.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan membuat tanda tangan bagi anak low vision. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SLB Negeri 1 Payakumbuh ditemui satu peserta didik low vision kelas IX yang belum mampu mengetahui bentuk-bentuk huruf awas, belum mampu membuat bentuk garis, belum mampu menulis nama dengan huruf awas, karena hal tersebut anak belum mampu untuk membuat tanda tangan. Maka untuk meningkatkan kemampuan membuat tanda tangan diberikan latihan menulis permulaan huruf awas sesuai dengan capaian kurikulum merdeka bagi anak low vision. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak low vision kelas IX. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Hasil pada penelitian ini dianalisis secara visual dengan grafik. Hasil penelitian pada kondisi baseline (A1) memperoleh nilai yang stabil selama tiga kali pertemuan dengan nilai 25%. Kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan memperoleh nilai stabil dengan nilai 88%. Pada kondisi baseline (A2) memperoleh hasil yang stabilnya selama empat kali pertemuan dengan nilai 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan tanda tangan dapat melalui latihan menulis permulaan huruf awas bagi anak low vision.
Actions (login required)
|
View Item |