Fathiasari, Saina
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Tunarungu (Classroom Action Research Kelas VIII di SLB Negeri Kuala Tungkal).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Siswa Tunarungu adalah anak yang mengalami keterbatasan dalam pendengarannya sehingga anak tersebut mengalami hambatan dalam perkembangan Bahasa. Yang mana Bahasa merupakan hal yang penting dalam membangun komunikasi, termasuk Bahasa Inggris. Pada pembelajaran Bahasa Inggris penguasaan kosakata merupakan hal yang sangat penting. Namun pada prosesnya guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui model Problem Based Learning pada siswa Tunarungu kelas VIII di SLB Negeri Kuala Tungkal.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui model Problem Based Learning pada siswa tunarungu di SLB Negeri Kuala Tungkal. Seluruh kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa Tunarungu kelas VIII SLB Negeri Kuala Tungkal berjumlah 4 orang siswa dengan inisial MZ, NA, AF, dan RS. Penelitian ini terbagi ke dalam 2 siklus yang pada tiap siklus terdapat 4 tahapan dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil peningkatan kemampuan dalam penguasaan kosakata. Pada kondisi awal diperoleh persentase MZ 50%, NA 40%, AF 40%, dan RS 50%. Pada siklus I terjadi peningkatan MZ 70%, NA 60%, AF 60%, dan RS 80%. Penelitian ini dilanjutkan pada siklus II MZ 90%, NA 80%, AF 80%, dan RS 100%.
Actions (login required)
|
View Item |