Yanti, Rifda
(2024)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik menuangkan ide atau gagasan di dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis teks eksplanasi yang mengakibatkan kemampuan menulis peserta didik rendah dan juga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran sehingga peserta didik hanya menerima apa yang diberikan guru. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Quasy Eksperimental Design berbentuk Nonequvalent kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Sampel diambil dengan teknik probability sampling tipe simple random sampling dengan cara pengundian yang diperoleh SDN 29 Lumindai sebagai kelas eksperimen dan SDN 06 Lumindai sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini berupa tes kemampuan menulis teks eksplanasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 36,1 dan kelas kontrol sebesar 38,8 rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 87,6 dan kelas kontrol sebesar 75,5. Hasil analisis data dari uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2,531 > 2,100922, maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Uji N-GAIN diperoleh kelas eksperimen dan kontrol 0,81 dan 0,58 dengan hasil perhitungan N-Gain kedua kelas sebesar 0,23. Hasil uji regresi linear sederhana yaitu Fhitung > Ftabel= 6,489 > 5,32 H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |