Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAKAMA) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Menggunakan Technology Acceptance Model

Kardianto, Riski (2024) Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAKAMA) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Menggunakan Technology Acceptance Model. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RISKI_KARDIANTO_19076023_3124_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan sistem pelayanan online yang diberikan kepada mahasiswa. Dalam penerapannya belum diketahuinya tingkat keberhasilan dari penerapan sistem tersebut dari tanggapan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan data tingkat penerimaan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAKAMA) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan menggunakan metodologi Technology Acceptance Model (TAM). Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan salah satu sistem informasi yang dilaksanakan pada ruang lingkup Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui tingkat penerimaan sistem informasi tersebut dapat menggunakan metode Technology Acceptance Model yang meliputi lima konstruk yaitu kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), persepsi kegunaan (Perceived Usefulnes), sikap terhadap pengguna (Attitude Towards Behavior), minat pengguna (Behavioral Intention) dan pengguna sebenarnya (Aktual System Use). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y baik itu secara parsial maupun secara simultan. Hubungan secara parsial (Uji T) antara variabel X terhadap variabel Y1 dengan nilai thitung sebesar 2.196, variabel Y2 sebesar 1.899, variabel Y3 sebesar 3.891, variabel Y4 sebesar 0.510. Sedangkan hubungan secara simultan (Uji F) yaitu sebesar 64% yang artinya terdapat 64% pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDelianti, Vera IrmaUNSPECIFIED
CorrectorSlamet, LegimanUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Ika ParmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM INFORMASI, PENERIMAAN SISTEM
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:18
Last Modified: 11 Sep 2024 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53973

Actions (login required)

View Item View Item