Implementasi BIM 4D pada Struktur Atas di Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan Kampus Ulu Gadut Universitas Negeri Padang

Putra, Yufli Maiza (2024) Implementasi BIM 4D pada Struktur Atas di Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan Kampus Ulu Gadut Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_YUFLI_MAIZA_PUTRA_20323017_3036_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini dilatar belakangi oleh Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Nomor 22/PRT/ M/2018 yang menyatakan bahwa penggunaan BIM wajib diterapkan pada bangunan dengan jumlah lantai lebih dari 2 dan memiliki luas diatas 2000 m2. Hal yang mendasari pembuatan tugas akhir ini adalah Gedung yang dijadikan studi kasus ini telah memenuhi persyaratan dan belum menerapkaan BIM. Tujuan dari penelian ini adalah menerapkan konsep Building Information Modelling (BIM) 3D serta 4D. Perancangan tugas akhir ini bersifat nyata karena studi kasus yang digunakan merupakan bagunan yang memang dibangun. Tugas akhir ini dibantu dengan Software BIM, diantaranya adalah Autodesk AutoCAD, Autodesk Revit, dan Autodesk Naviswork Manage. Pemodelan yang dilakukan pada AutoCAD merupakan pemodelan 2D berdasarkan gambar rencana dan dilanjutkan dengan pembuatan model 3D menggunakan software Autodesk Revit. Hasil yang diperoleh dari pemodelan 3D adalah berupa visualisasi 3D dan informasi geometri bangunan berupa volume, luas, panjang, dan lebar. Setelah dilakukan pemodelan 3D, dilanjutkan dengan penerapan BIM 4D dengan software Autodesk Naviswork Manage. Hasil dari penerapan BIM 4D yang dilakukan pada Autodesk Naviswork Manage berupa penjadwalan dan simulasi penjadwalan. Berdasarkan penerapan BIM 4D yang dilakukan, diperoleh durasi dari pekerjaan struktur atas adalah 116 hari kerja. Hasil yang didapatkan berupa bar chart dari setiap pekerjaan struktur dan simulasi dari penjadwalan dengan bantuan BIM 4D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYandra, MuviUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUILDING INFORMATION MODELLING
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:16
Last Modified: 11 Sep 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53967

Actions (login required)

View Item View Item