Analisis Efektivitas Waktu dan Biaya Terhadap Penambahan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Pembangunan Rusun Polresta Bukittinggi

Azmi, Yahya Efindra (2024) Analisis Efektivitas Waktu dan Biaya Terhadap Penambahan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Pembangunan Rusun Polresta Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_YAHYA_EFINDRA_AZMI_20323077_3049_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu proyek, waktu dan biaya menjadi barang mahal yang harus disusun dengan perencanaan matang kemudian didapatkan waktu dan biaya terbaik sehingga proyek bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan hasil dari percepatan durasi sehingga mengetahui perubahan biaya dan waktu dari proyek. Percepatan durasi yang akan dibandingkan yaitu antara penambahan jam lembur dengan penambahan tenaga kerja sehingga akan diketahui mana yang lebih efektif. Penelitian akan menggunakan metode time cost trade off dengan menggunakan Microsoft Project 2019 untuk menyusun penjadwalan dan mendapatkan lintasan kritis dari kegiatan proyek, kemudian pengolahan data akan menggunakan Microsoft Excel 2019. Pengolahan data yang dilakukan yaitu menganalisis biaya lembur, biaya penambahan tenaga kerja, analisis cost variance, cost slope, duration variance, analisis biaya total proyek, dan menghitung efisiensi waktu dan biaya proyek. Kemudian setelah dilakukan pengolahan data pada penambahan jam lembur dengan penambahan tenaga kerja maka akan dilakukan perbandingan sehingga diketahui mana yang lebih efektif. Hasil penelitian didapatkan bahwa penambahan tenaga kerja lebih efektif daripada penambahan jam lembur karena biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan murah dengan selisih biaya pada penambahan tenaga kerja sebesar Rp. 177.836.810,90 dengan percepatan durasi yaitu selisih 16,34 hari. Sedangkan untuk penambahan jam lembur dengan penambahan biaya sebesar Rp. 714.283.434,64, dengan percepatan durasi yang sama yaitu selisih 16,34 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, Ari SyaifulUNSPECIFIED
CorrectorGiatman M, Giatman MUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TIME COST TRADE OFF.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:51
Last Modified: 11 Sep 2024 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53966

Actions (login required)

View Item View Item