Pengaruh Operating Capacity dan Working Capital Turnover terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 2022).

Fabrian, Shinta (2024) Pengaruh Operating Capacity dan Working Capital Turnover terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 2022). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_SHINTA_FEBRIAN_18043020_4803_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Financial distress merupakan penurunan kondisi keuangan suatu perusahaan yang terjadi sebelum bangkrut atau likuidasi, yang diawali dengan ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, beberapa perusahaan mengalami kebangkrutan selama dua tahun berturut-turut pada perusahaan sektor pertambangan pada tahun 2019-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kapasitas operasi dan perputaran modal kerja terhadap financial distress. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 86 perusahaan dengan sampel sebanyak 39 perusahaan. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan berbagai sektor pertambangan periode 2019-2022. Analisis data menggunakan asumsi klasik, uji T dan uji F serta analisis regresi linier berganda dengan metode Altman Z-Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operating capacity berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress dan working capital turnover tidak berpengaruh dan signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelvirita, NelviritaUNSPECIFIED
CorrectorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL DISTRESS, OPERATING CAPACITY, PERTAMBANGAN
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:46
Last Modified: 09 Sep 2024 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53920

Actions (login required)

View Item View Item