Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Kurniasih, Rizki (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RIZKI_KURNIASHIH_16205044_6052_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu bagian penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Disposisi matematis merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan matematis khususnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis pada siswa kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Variabel pada penelitian ini ada tiga, yaitu model inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas, kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis sebagai variabel terikat, dan kemampuan awal sebagai variabel moderator. Penelitian ini dilakukan pada satu sekolah yaitu MTsN Tanjung Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan angket disposisi matematis. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol baik untuk kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Begitu juga dengan disposisi matematis menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol baik untuk kemampuan awal tinggi maupun sedang dan rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berkontribusi pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Disposisi Matematis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:23
Last Modified: 06 Sep 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53896

Actions (login required)

View Item View Item