Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMK

Gafur, Pil (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_PIL_GAFUR_16205035_6039_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan asessment phas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dengan model problem based learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Model PBL yang dimaksud adalah suatu model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Pembelajaran PBL ini mempunyai ciri-ciri: (1) belajar dimulai dengan suatu masalah, (2) masalahnya berhubungan dengan dunia nyata, (3) bersifat study center, (4) menggunakan kelompok kecil, (5) mendemonstrasikan. Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan mengumpulkan informasi, mengolah, memecahkan masalah untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kuliner SMK Negeri 6 Padang 2018/2019. Data kevalidan diperoleh dari lembar penilai validasi RPP dan LKPD oleh pakar yang sudah memenuhi kriteria valid dengan indeks kevalidan berturut-turut 0,95 dan 0,93. Data kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik yang sudah memenuhi kriteria praktis dengan indeks kepraktisan masing-masing 85,6% dan 87,87%. Data efektifitas diperoleh tes akhir kemampuan berpikir kritis, dan dikategorikan sudah efektif dengan mencapai hasil belajar sebesar 70,37% yang tuntas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorEllizar, EllizarUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:23
Last Modified: 06 Sep 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53895

Actions (login required)

View Item View Item