Gafur, Pil
(2018)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMK.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research, prototyping
phase, dan asessment phas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dengan model problem based
learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis matematis peserta didik. Model PBL yang dimaksud adalah suatu
model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Pembelajaran
PBL ini mempunyai ciri-ciri: (1) belajar dimulai dengan suatu masalah, (2)
masalahnya berhubungan dengan dunia nyata, (3) bersifat study center, (4)
menggunakan kelompok kecil, (5) mendemonstrasikan. Kemampuan berpikir
kritis adalah suatu kemampuan mengumpulkan informasi, mengolah,
memecahkan masalah untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X Kuliner SMK Negeri 6 Padang 2018/2019. Data kevalidan
diperoleh dari lembar penilai validasi RPP dan LKPD oleh pakar yang sudah
memenuhi kriteria valid dengan indeks kevalidan berturut-turut 0,95 dan 0,93.
Data kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon guru dan
peserta didik yang sudah memenuhi kriteria praktis dengan indeks kepraktisan
masing-masing 85,6% dan 87,87%. Data efektifitas diperoleh tes akhir
kemampuan berpikir kritis, dan dikategorikan sudah efektif dengan mencapai
hasil belajar sebesar 70,37% yang tuntas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMK.
Actions (login required)
|
View Item |