Yandes, Widya Putri
(2019)
Pengaruh Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting terhadap Hasil Belajar SiswaKelas XI MIA SMA Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Larutan penyangga pembelajaran yang membicarakan mengenai konsep
dan perhitungan kimia. Oleh karena itu, membutuhkan bahan ajar dalam
bentuk modul pembelajaran untuk menuntun siswa dalam menemukan
konsep. Dalam modul pembelajaran terdapat teknik probing dan promting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan modul
pembelajaran bebasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik
probing dan promting terhadap hasil belajar siswa XI MIA SMA . Penelitian
ini dilakukan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 5
Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
Randomized Control Group Posttest Only Design melalui teknik purposive
sampling. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berupa 25 pertanyaan objektif
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan analisis data menunjukkan
bahwa subjek berdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan
uji-t. Dari hasil analisis uji-t dengan independent sampel t-test diperoleh (sig)
t < 0,05 dimana H ditolak. Ini berarti bahwa hasil belajar kelas eksperimen
lebih tinggi daripada kelas kontrol secara signifikan. Berdasarkan analisis
data menunjukkan penggunaan modul pembelajaran larutan penyangga
berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing dan promting
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA
Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 5 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |