Pengaruh Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting terhadap Hasil Belajar SiswaKelas XI MIA SMA Padang.

Yandes, Widya Putri (2019) Pengaruh Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting terhadap Hasil Belajar SiswaKelas XI MIA SMA Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WIDYA_PUTRI_YANDES_15035126_3255_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Larutan penyangga pembelajaran yang membicarakan mengenai konsep dan perhitungan kimia. Oleh karena itu, membutuhkan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran untuk menuntun siswa dalam menemukan konsep. Dalam modul pembelajaran terdapat teknik probing dan promting. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan modul pembelajaran bebasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing dan promting terhadap hasil belajar siswa XI MIA SMA . Penelitian ini dilakukan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 5 Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized Control Group Posttest Only Design melalui teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berupa 25 pertanyaan objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa subjek berdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t. Dari hasil analisis uji-t dengan independent sampel t-test diperoleh (sig) t < 0,05 dimana H ditolak. Ini berarti bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol secara signifikan. Berdasarkan analisis data menunjukkan penggunaan modul pembelajaran larutan penyangga berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing dan promting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBayharti, BayhartiUNSPECIFIED
CorrectorEllizar, EllizarUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Probing dan Promting, Hasil Belajar, Larutan Penyangga, Modul, Uji-t
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:22
Last Modified: 06 Sep 2024 10:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53886

Actions (login required)

View Item View Item