Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 29 Padang

Utami, Yanti Srinita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_YANTI_SRINITA_UTAMI_15031027_228_2019.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 29 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran problem based learning bermuatan literasi sains pada materi sistem pencernaan di SMPN 29 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN 29 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t hitung 3,34 > t tabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai t 4,26 > t tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai t hitung 4,21 > t 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model PBL bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Literasi Sains, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:04
Last Modified: 06 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53856

Actions (login required)

View Item View Item