Yulianti, Sari
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran the Power of Two
Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 18 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian di SMPN 18 Padang yaitu proses pembelajaran
IPA yang berlangsung berpusat kepada guru, rendahnya kompetensi belajar
peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, belum
menggunakan model pembelajaran yang bermuatan literasi sians, dan
kemampuan literasi sains yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu
menerapkan model pembelajaran the power of two bermuatan literasi sains pada
materi sistem pencernaan di SMPN 18 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta
didik melalui model the power of two bermuatan literasi sains pada materi sistem
pencernaan manusia di SMP Negeri 18 Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian
adalah seluruh kelas VIII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2018/2019 berjumlah sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel
penelitian adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk
kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan
keterampilan. Teknis Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah
uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hipotesis penelitian diuji
menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik
diperoleh nilai t
hitung
5,72> t
tabel
1,67, pada kompetensi sikap nilai t
1,67 dan pada kompetensi keterampilan nilai t
hitung
3,65> t
1,67. Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan
model pembelajaran the power of two bermuatan literasi sains berpengaruh
terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik pada
materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 18 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |