Pengaruh Model Pembelajaran the Power of Two Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 18 Padang

Yulianti, Sari (2019) Pengaruh Model Pembelajaran the Power of Two Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SARI_YULIANTI_15031081_227_2019.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 18 Padang yaitu proses pembelajaran IPA yang berlangsung berpusat kepada guru, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, belum menggunakan model pembelajaran yang bermuatan literasi sians, dan kemampuan literasi sains yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran the power of two bermuatan literasi sains pada materi sistem pencernaan di SMPN 18 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik melalui model the power of two bermuatan literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknis Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t hitung 5,72> t tabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai t 1,67 dan pada kompetensi keterampilan nilai t hitung 3,65> t 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran the power of two bermuatan literasi sains berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 18 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: The Power of Two, Literasi Sains, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:20
Last Modified: 06 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53853

Actions (login required)

View Item View Item