Juwita, Raysa
(2019)
Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Powerpoint dalam
Meningkatkan Perhatian Belajar Siswa Kelas X SMAN
10 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ada di SMAN 10
Padang, yaitu rendahnya perhatian siswa selama proses pembelajaran
berlangsung. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan
handphone selama proses pembelajaran. Siswa cenderung menggunakan
handphone tidak hanya untuk mencari materi pembelajaran, tapi juga
menggunakannya untuk kepentingan personal seperti membalas pesan atau
memainkan permainan. Penyampaian materi oleh guru cenderung kurang menarik
dan monoton, untuk mengatasi kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran
digunakan media berbasis PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melihat pengaruh penggunaan media berbasis Powerpoint dalam meningkatkan
perhatian belajar siswa kelas X di SMAN 10 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Randomized
Control-Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMAN 10 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X SMAN 10 Padang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel yang digunakan adalah
siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIA 3 sebagai kelas
eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menilai perhatian siswa adalah
lembar penilaian perhatian belajar siswa yang diisi oleh observer.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media berbasis PowerPoint dalam
meningkatkan perhatian belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan bahwa rata-rata
perhatian kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.
Actions (login required)
|
View Item |