Pramesti, Advis Arin (2019) Pengembangan Panduan Peningkatan Identitas Diri dalam Pencegahan Pornografi melalui Layanan Informasi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_16151003_4778_2019.pdf [thumbnail of B1_1_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_16151003_4778_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_16151003_4778_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dewasa ini maraknya pornografi di kalangan remaja menjadi permasalahan serius 
yang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Kemudahan dalam mengakses 
internet serta fasilitas berupa gadget membuat remaja dapat dengan mudah terpapar oleh 
bahaya pornografi. Kondisi ini apabila dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan 
kecanduan pornografi dan berakibat pada terganggunya perkembangan remaja. Salah satu 
penyebab individu terpapar oleh bahaya pornografi adalah identitas diri yang rendah. 
Identitas diri memiliki peran penting bagi perkembangan remaja. Remaja yang gagal 
dalam mencari identitas diri dapat berperilaku menyimpang. Hal ini terjadi karena remaja 
tidak bereksplorasi dan berkomitmen dalam menjalani kehidupannya, sehingga 
menimbulkan kebingungan dalam berperilaku. Salah satu bentuk perilaku menyimpang 
tersebut adalah pornografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) 
menghasilkan produk berupa panduan peningkatan identitas diri siswa dalam pencegahan 
pornografi melalui layanan informasi, (2) tingkat kelayakan panduan layanan informasi 
untuk meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi, (3) tingkat 
keterpakaian panduan layanan informasi yang digunakan oleh guru BK/Konselor untuk 
meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi, dan (4) tingkat 
efektivitas layanan informasi yang dilaksanakan guru BK/Konselor terhadap peningkatan 
identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan 
mengikuti langkah pengembangan model 4-D (Define, Design, Development and 
Desseminate). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK. Sampel berjumlah 106 
orang siswa yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sample Proportional Random 
Sampling. Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga orang ahli untuk menguji kelayakan, 
dan tiga orang guru BK/Konselor untuk menguji keterpakaian panduan. Instrumen yang 
digunakan adalah model skala Likert. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk 
penelitian dan uji efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan produk berupa panduan 
peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi, (2) 
panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan 
informasi dinilai “sangat layak” secara materi/isi, dan “sangat layak” secara tampilan, (3) 
tingkat keterpakaian panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi 
melalui layanan informasi berada pada kategori “sangat baik”, dan (4) panduan 
peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi efektiv 
digunakan untuk meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan terhadap 
pornografi.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 13 Apr 2025 00:53 | 
| Last Modified: | 13 Apr 2025 00:53 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5383 | 
 
         