Fitri, Selfi Kurnia
(2019)
Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi
Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Kelas X
Semester II untuk SMAN 4 Padang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada praktikum biologi di sekolah, guru dan peserta didik membutuhkan
penuntun praktikum biologi. Hal ini dikarenakan belum tersedianya penuntun
praktikum biologi yang tersusun sistematis dan mengintegrasikan model
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik materi
pembelajaran. Supaya proses pembelajaran melalui kegiatan praktikum
terlakasana dengan baik, salah satunya melalui kegiatan praktikum dengan
menggunakan penuntun pratikum berbasais SETS (Science, Environment,
Technology, and Society). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil
pengembangan dan menghasilkan penuntun praktikum berbasis SETS yang valid,
praktis, dan efektif.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari
tiga tahap, yaitu investigasi awal, pembuatan prototype, dan penilaian. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Padang. Validasi dilakukan oleh
pakar didaktik, kontruktif, dan teknik. Kepraktisan penuntun praktikum dilihat
dari pengisian angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Keefektifan
penuntun praktikum dilihat dari kompetensi peserta didik meliputi kompetensi
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif dan
eksperimen dengan mempresentasekan data yang terdapat di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum biologi berbasis
SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk peserta didik sangat
valid berdasarkan penilaian pakar pada bidang didaktik, konstruktif, dan teknis.
Peserta didik dan guru mengkategorikan penuntun praktikum ini dalam kategori
praktis karena kemudahan dalam pemakaiannya. Penuntun praktikum ini
dikategorikan efektif karena kelas eksperimen menunjukan peningkatan
kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Peningkatan kompetensi ini
dikarenakan peserta didik dapat menggunakan penuntun praktikum dan
mengikuti langkah pada model SETS dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum biologi berbasis SETS (Science,
Environment, Technology, and Society) Kelas X Semester II dapat dinyatakan
valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |