Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Kelas X Semester II untuk SMAN 4 Padang

Fitri, Selfi Kurnia (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Kelas X Semester II untuk SMAN 4 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_03_SELFI_KURNIA_FITRI _17177056_1920_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada praktikum biologi di sekolah, guru dan peserta didik membutuhkan penuntun praktikum biologi. Hal ini dikarenakan belum tersedianya penuntun praktikum biologi yang tersusun sistematis dan mengintegrasikan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran. Supaya proses pembelajaran melalui kegiatan praktikum terlakasana dengan baik, salah satunya melalui kegiatan praktikum dengan menggunakan penuntun pratikum berbasais SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan dan menghasilkan penuntun praktikum berbasis SETS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu investigasi awal, pembuatan prototype, dan penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Padang. Validasi dilakukan oleh pakar didaktik, kontruktif, dan teknik. Kepraktisan penuntun praktikum dilihat dari pengisian angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Keefektifan penuntun praktikum dilihat dari kompetensi peserta didik meliputi kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif dan eksperimen dengan mempresentasekan data yang terdapat di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum biologi berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk peserta didik sangat valid berdasarkan penilaian pakar pada bidang didaktik, konstruktif, dan teknis. Peserta didik dan guru mengkategorikan penuntun praktikum ini dalam kategori praktis karena kemudahan dalam pemakaiannya. Penuntun praktikum ini dikategorikan efektif karena kelas eksperimen menunjukan peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Peningkatan kompetensi ini dikarenakan peserta didik dapat menggunakan penuntun praktikum dan mengikuti langkah pada model SETS dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum biologi berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Kelas X Semester II dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Praktikum Biologi Berbasis SETS , Pengembangan Plomp
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:13
Last Modified: 05 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53812

Actions (login required)

View Item View Item