Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di Kelas XI SMAN 5 Padang

Triwani, Triwani (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di Kelas XI SMAN 5 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_TRIWANI_17205074_1090_2019.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di kelas XI SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), video pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase pengembangan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan pengumpulan data yang bertujuan sebagai dasar dalam merancang perangkat pembelajaran. Fase pengembangan prototipe bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis melalui tahapan evaluasi formatif, yaitu evaluasi sendiri, evaluasi satu satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi kelompok besar. Pada fase penilaian dilakukan tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di kelas XI. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI dan pendidik matematika SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan selama penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. sebelum instrumen digunakan dalam pengumpulan data, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP, video pembelajaran, dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom yang dikembangkan telah valid dari segi konstruk dan segi isi. Perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom yang dikembangkan juga telah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, data wawancara bersama pendidik dan peserta didik, serta data angket respon peserta didik. Selain itu, perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik setiap pertemuannya dalam mengerjakan LKPD yang rata-rata meningkat dan berdasarkan data hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis yang dilaksanakan, yaitu 87,87% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 80.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning sets, Flipped Classroom, Mathematical Critical Thinking
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:04
Last Modified: 05 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53811

Actions (login required)

View Item View Item