Meningkatkan Sosialisasi Anak Disabilitas Intelektual Melalui Metode Role Playing Fase D di SLB Negeri Pematangsiantar

Manullang, Mona Ully Artha (2024) Meningkatkan Sosialisasi Anak Disabilitas Intelektual Melalui Metode Role Playing Fase D di SLB Negeri Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MONA_ULLY_ARTHA_MANULLANG_23003257_3845_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VII atau Fase D di SLB Negeri Pematangsiantar yang mengalami permasalahan dalam bersosialisasi, siswa lebih sering diam daripada berkomunikasi dengan teman satu kelas. Kondisi ini terlihat dari hasil pengamatan yang peneliti selama mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi siswa disabilitas intelektual menggunakan metode role playing di SLB Negeri Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan disain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah siswa disabilitas intelektual di SLB Negeri Pematangsiantar. Variabelnya diukur dengan menggunakan persentase. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yang dimulai dari sesi baseline (A) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan pada hari yang berbeda. Sesi kedua yaitu intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak enam kali pengamatan pada hari yang berbeda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi WS dan DM, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan bersosialisasi anak kearah yang lebih baik. Sementara itu ES mengalami kesulitan dalam bersosialisasi karena mengalami hambatan dalam berkomonikasi, dari hasil penelitian nilai ES jauh dibawah temannya yang lain. Dari tiga sampel anak yang diujikan menggunakan metode role playing dua dinyatakan tuntas atau mengalami peningkatan bersosialisasi dengan temannya, sementara ES ada peningkatan tetapi tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:45
Last Modified: 04 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53783

Actions (login required)

View Item View Item