Zikri, Muhammad Afdhal
(2024)
Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Menginap di Pangeran Beach Hotel Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh promosi melalui media
sosial TikTok terhadap minat menginap di Pangeran Beach Hotel Padang, dimana
dilatar belakangi oleh penurunan tingkat hunian kamar pada bulan Januari 2023
dan Februari 2024 diakibatkan kurang promosi yang dilakukan dan konten yang
dihasilkan tidak mencantumkan adanya promo dan diskon. Serta pengguna akun
yang mengikuti akun Pangeran Beach Hotel Padang hanya tertarik pada aktivitas
karyawan yang diposting.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel
sebanyak 240 responden. Berdasarkan rumus Hair. Instrumen pada penelitian ini
menggunakan angket yang disusun menurut skala likert dan data dikumpulkan
dengan menyebarkan angket yang telah disusun kemudian diberikan kepada
responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya dengan
bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 20.00.
Data yang telah terkumpul lalu dianalisis melalui Structural Equation Modeling
dengan Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0.
Hasil R square memperlihatkan promosi media sosial berpengaruh besar
terhadap minat menginap dengan nilai persentase 65,5% sedangkan persentase
sisanya 35,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil pengujian hipotesis
diperoleh t-statistic 21,92 >1,65 dan p value 0.00 < 0.05, maka hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel promosi media sosial berpengaruh signifikan
terhadap minat menginap. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Ha diterima
dan Ho ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |