Bayuningrum, Antasari
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Hewan Peliharaan Menggunakan Media Augmented Reality Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan (Classroom Action Research di Kelas IV SLB Negeri Sungai Bahar Jambi).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Disabilitas Intelektual Ringan kelas IV SLB Negeri Sungai Bahar Jambi, dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait pembelajaran mata pelajaran IPAS yaitu materi mengenal hewan yang mencakup hewan peliharaan. Dalam pelaksanaan studi pendahuluan didapatkan hasil belajar siswa yang rendah, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil evaluasi siswa disabilitas intelektual ringan pada materi mengenal hewan yaitu rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi mengenal hewan yang mencakup hewan peliharaan. Adapun cara guru melaksanakan pembelajaran masih menggunakan media bergambar 2D sehinggan perlu alternatif lain untuk model pengajaran yang guru berikan agar hasil belajar siswa dapat optimal..Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, berkolaborasi antara peneliti dan guru kelas dalam memperbaiki pembelajaran di dalam kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yakni dua anak disabilitas intelektual ringan. Dalam pembelajaran mengenal hewan peliharaan media yang diduganakan yaitu media Augmented Reality menggunakan model berbasis tekhnologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pembelajaran mengenal hewan yang dilakukan siswa. Dimana proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dalam kategori masih rendah, yakni dengan skor perolehan siswa IN 27.27% dan TO 36.36%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan II kemampuan siswa meningkat secara optimal dan pemebelajaranpun menjadi menyenangkan dengan prolehan skor IN 90.91% dan TO 95.45%. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa media Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan mengenal hewan peliharaan pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas IV.
Actions (login required)
|
View Item |