Pengembangan E-Modul Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Fitriani, Nadya (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NADYA_FITRIANI_20029026_4471_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil terbaru PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik masih rendah termasuk di, selain dikarenakan kurangnya latihan soal tetapi juga bahan ajar yang dinilai kurang mampu menunjang kemampuan peserta didik sesuai gaya belajar mereka untuk meningkatkan kemampuan itu. Pembelajaran berdiferensiasi diyakini mampu menyokongnya sehingga bahan ajar yang berbasis pembelajaran berdiferensiasi dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan e-modul berbasis pembelajaran berdiferesiasi dalam meningkatkan kemampuan litereasi numerasi peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitiannya antara lain 32 orang peserta didik dan seorang pendidik SMA. Selain itu, juga melibatkan 3 orang dosen ahli dan 2 guru sebagai validator. Jenis penelitiannya yakni pengembangan berdasarkan model Plomp. Data dikumpulkan melalui metode angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan kriteria uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kriteria kevalidan dari kelima validator adalah 88,28% yang mana kriterianya yaitu valid. Lalu nilai persentase kepraktisan modul berdasarkan respon peserta didik sebesar 86,74% dan berdasarkan respon guru sebesar 97,50% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya efektivitasnya terlihat dari hasil nilai normalitas gain menggunakan pretest dan posttest diperoleh pada rentang 0,70 ≤ ≤ 1,00 dengan kriteria tinggi juga rentan 0,30 ≤ ≤ 0,70 dengan kriteria sedang juga selisih antara nilai pretest an posttest adalah 41,665 sehingga dinilai efektif penggunaannya dalam kemampuan litereasi numerasi pesertadidik. Berdasarkan paparan di atas, maka e- modul berbasis pembelajaran berdiferesiasi yang dikembangkan valid, sangat praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan litereasi numerasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:58
Last Modified: 29 Aug 2024 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53704

Actions (login required)

View Item View Item