Kekerabatan Bahasa Minangkabau di Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dan Bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu

Yufadila, Yufadila (2022) Kekerabatan Bahasa Minangkabau di Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dan Bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_YUFADILA_18017132_1840.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pertama bagaimana tingkat kekerabatan, kedua lama waktu pisah, ketiga korespondensi bunyi antara bahasa Minangkabau di Kanagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dengan bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif untuk menghitung persentase tingkat kekerabatan dan menentukan lama waktu pisah antara dua bahasa , sedangkan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan korespondensi bunyi dari kedua bahasa tersebut. Objek penelitian ini adalah bahasa Minangkabau yang dituturkan oleh masyarakat di Kenagarian Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar dan bahasa Melayu Riau yang dituturkan oleh masyarakat di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Data penelitian ini bersumber dari 6 orang informan untuk kedua data bahasa tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 200 kosakata dasar Swadesh dan 300 kosakata budaya dari kedua bahasa tersebut. Ada tiga temuan dalam penelitian ini. Pertama, berdasarkan perhitungan dengan teknik leksikostatistik ditemukan 73% persentase tingkat kekerabatan antara kedua bahasa tersebut. Kedua, berdasarkan perhitungan dengan teknik glotokronologi lama waktu pisah kedua bahasa tersebut ialah 0.721 tahun yang lalu. Ketiga, pasangan identik sejumlah 121 kosakata, satu fonem berbeda sejumlah 4 kosakata, kompresi sejumlah 4 kosakata, substitusi sejumlah 47 kosakata, kluster reduksi sejumlah 63 kosakata, kompresi sejumlah 4 kosatakata, aferesis sejumlah 11 kosakata, dan split sejumlah 91 kosakata merupakan bukti-bukti korespondensi bunyi yang ditemukan dalam penelitian antara Bahasa Minangkabau di Sungai Tarab dan Bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahasa Minangkabau di Kanagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dengan bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu adalah dua bahasa yang berkerabat dan sudah terpisah 0,721 tahun yang lalu, sehingga dari 200 kosakata dasar swadesh dan 300 kosakata budaya hanya 163 kosakata yang ditemukan tidak identik, sedangkan 337 kosakata adalah identik dan digunakan oleh kedua penutur bahasa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorLiusti, Siti AinimUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Minangkabau
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:38
Last Modified: 29 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53668

Actions (login required)

View Item View Item