Pengembangan Modul Pembuatan Blazer Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Costume Mode Kelas XII Tata Busana SMK N 3 Payakumbuh

Mardalena, Tari Novelia (2024) Pengembangan Modul Pembuatan Blazer Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Costume Mode Kelas XII Tata Busana SMK N 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TARI_NOVELIA_MARDALENA_19075210_3305_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kelas XII Tata Busana SMK N 3 Payakumbuh masih banyak mengalami kesulitan dan belum adanya media modul dalam proses pembelajaran Pembuatan Blazer terutama pada saat praktik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan Modul Pembuatan Blazer yang valid dan praktis, sehingga modul yang dihasilkan dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar dan pedoman dalam kegiatan pembelajaran Pembuatan Blazer. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Four D). Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung melalui pengujian validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 1 validator ahli media dan 2 validator ahli materi, sedangkan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh guru pengampu mata pelajaran, 43 orang siswa kelas XII untuk penelitian uji coba skala kecil dan skala besar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rata-rata skor dan persentase berupa penilaian dengan skala Likert. Berdasarkan data hasil penelitian, media modul Pembuatan Blazer dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran dengan memiliki hasil uji validasi ahli media dan ahli materi dengan memperoleh skor 83,9% dikategori sangat valid, sedangkan uji praktikalitas dengan guru pengampu mata pelajaran memperoleh skor 95,3% dikategori sangat praktis, kemudian hasil uji coba skala kecil memperoleh skor 93,1% dikategori sangat praktis, dan hasil uji coba skala besar memperoleh skor 95,2% dikategori sangat praktis. Hasil di atas menunjukkan bahwa media modul Pembuatan Blazer ini sangat valid dan praktis dijadikan sumber belajar dan pedoman dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53654

Actions (login required)

View Item View Item