Karakteristik Molekular Bakteri Endofit Penghasil Senyawa Antimikroba yang Diisolasi dari Tumbuhan Andaleh (Morus Macroura Miq)

Afif, Rahmat (2019) Karakteristik Molekular Bakteri Endofit Penghasil Senyawa Antimikroba yang Diisolasi dari Tumbuhan Andaleh (Morus Macroura Miq). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_RAHMAT AFIF_15032006_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus resistensi bakteri terhadap antibiotik menjadi suatu masalah serius dalam dunia kesehatan. Eksplorasi untuk mencari sumber antibiotik yang baru perlu dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan bakteri endofit Andaleh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bakteri endofit Andaleh yang berpotensi menghasilkan senyawa antimikroba dengan menggunakan teknik molekular. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dilaksanakan dari bulan November 2017 - Desember 2018 di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi FMIPA UNP. Identifikasi bakteri dilakukan dengan metode sekuensing pada gen 16S rRNA. Hasil sekuensing dianalisis secara bioinformatika. Penelitian berhasil mengidentifikasi 11 isolat bakteri endofit Andaleh penghasil senyawa antimikroba. Hasil identifikasi menunjukkan 6 isolat teridentifikasi ke dalam genus Bacillus dan 5 isolat teridentifikasi ke dalam genus Pseudomonas. Dua dari 11 isolat belum dapat ditentukan jenisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Endofit Andaleh, Identifikasi molekular, 16S rRNA
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:47
Last Modified: 28 Aug 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53648

Actions (login required)

View Item View Item