Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai

Loka, Wiwil Widya (2022) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WIWIL_WIDYA_LOKA_17016191_427.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan presentasi pembelajaran daring di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai? Kedua, untuk mendeskripsikan interaksi pembelajaran daring di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai? Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif dalam penelitian ini dilengkapi dengan data kuantitatif. Data kualitatif akan diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, data kuantitatif akan diperoleh dari hasil angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah yaitu empat orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 80 orang siswa di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai. Intrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri untuk data kualitatif dan untuk intrumen data kuantitatif adalah angket. Data di analisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitan adalah sebagai berikut. Pertama, Presentasi pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai dapat dikatakan baik jika dipandang dari segi pembelajaran daring, guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai sudah memperlihatkan usahanya terkait dengan aspek presentasi pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, untuk presentasi pembelajaran daring, tingkat kualifikasi SMA N 1 Batang Anai dan kualifikasi SMA N 2 Batang Anai cukup, sedangkan untuk tingkat kualifikasi SMA N 1 Batang Anai dan kualifikasi SMA N 2 Batang Anai sudah baik dilihat dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat berdasarkan RPP pembelajaran daring. Kedua, interaksi pembelajaran daring, tingkat kualifikasi SMA N 1 Batang Anai dan kualifikasi SMA N 2 Batang Anai sudah baik. Ketiga, evaluasi pembelajaran daring, tingkat kualifikasi SMA N 1 Batang Anai dan kualifikasi SMA N 2 Batang Anai cukup, sedangkan untuk tingkat kualifikasi SMA N 1 Batang Anai dan kualifikasi SMA N 2 Batang Anai sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Kecamatan Batang Anai sudah terlaksana namun belum maksimal. Kendala- kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri Kecamatan Batang Anai jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan teknologi, keterbatasan kuota internet dan lalainya siswa dalam pengumpulan tugas. Usaha guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah guru membolehkan siswa menggunakan handphone kelurga maupun orang tua, untuk kendala lainnya seperti kuota internet dan jaringan untuk saat ini belum bisa diatasi oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:19
Last Modified: 28 Aug 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53628

Actions (login required)

View Item View Item