Resiliensi Siswa Korban Cyberbullying serta Implikasinya terhadap Layanan BK

Zalma, Melda (2023) Resiliensi Siswa Korban Cyberbullying serta Implikasinya terhadap Layanan BK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Melda_Zalma_18006156_657_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Cyberbullying memberikan dampak negatif bagi siswa yang menjadi korban. remaja yang menjadi korban cyberbullying lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Adapun masalah yang lebih mungkin diderita siswa yang menjadi korban cyberbullying, antara lain munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, stress, dan anxiety. Individu yang resilien mampu bangkit dari kondisi negatif serta mampu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi siswa korban cyberbullying serta implikasinya terhadap layanan BK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 286 responden sehingga diperoleh 47 siswa yang menjadi korban cyberbullying. Peneliti menggunakan skala resiliensi untuk mengetahui tingkat resiliensi siswa korban cyberbullying. Pengujian secara statistik menunjukan hasil bahwa siswa korban cyberbullying memiliki resiliensi yang tinggi. Resiliensi perlu dimiliki oleh korban cyberbullying. Di lingkungan sekolah, program layanan bimbingan dan konseling harus dimaksimalkan. Dalam pencegahan dan penanggulangan cyberbullying membutuhkan sinergi dan keseriusan semua pihak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:19
Last Modified: 27 Aug 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53565

Actions (login required)

View Item View Item