Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Guguak

Yona, Aiga Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AIGA_DWI_YONA_20029102_4261_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak masih rendah, terlihat dari hasil tes awal peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning yang berbantuan media Geogebra lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan penelitian posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak, dengan kelas XI G SOS 1 dan XI G SOS 2 sebagai kelas sampelnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang berbantuan media Geogebra lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:02
Last Modified: 26 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53509

Actions (login required)

View Item View Item