Afitriani, Dina
(2024)
Hubungan Hasil Belajar Metode Mengajar Khusus dengan Hasil Belajar Praktek Lapangan Kependidikan Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah pada mata kuliah Praktek Lapangan Kependidikan (PLK), yaitu adanya kesenjangan atau ketidaksesuaian antara kemampuan mengajar mahasiswa dengan hasil belajar yang diperoleh. Kemampuan mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) tergolong rendah, namun memperoleh hasil belajar yang tinggi. Hasil belajar PLK yang tinggi diduga dipengaruhi oleh hasil belajar Metode Mengajar Khusus (MMK) yang tinggi. MMK merupakan mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah PLK. Mahasiswa Prodi PTB tidak dapat mengikuti mata kuliah PLK sebelum lulus mata kuliah MMK. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat hubungan hasil belajar MMK dengan hasil belajar PLK mahasiswa Prodi PTB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tergolong pada jenis penelitian deskriptif yang bersifat korelasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 134 responden yang diambil secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment.
Hasil dari penelitian ini yaitu r hitung=0,069, sedangkan r tabel=0,1697, yang berarti r hitung < r tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel berada dalam kategori sangat rendah dengan koefisien determinan sebesar 0,48%. Besamya signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung=0,795 sedangkan t tabel=l,656, berarti t hitung < t tabel. Jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar MMK dengan hasil belajar PLK mahasiswa Prodi PTB.
Actions (login required)
|
View Item |