Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film Imperfect Karya Sutradara Ernest Prakasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Ulasan di SMP

Velia, Tamara (2022) Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film Imperfect Karya Sutradara Ernest Prakasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Ulasan di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_TAMARA_VELIA_18016093_2048.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab konflik batin yang dialami tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa, mendeskripsikan bentuk konflik batin yang dialami tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa, dan mendeskripsikan akibat konflik batin yang dialami tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah dialog yang dilakukan oleh tokoh utama utama dengan tokoh lain dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menonton film, menentukan tokoh utama,menandai bagian mana yang termasuk konflik batin tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa, dan mencatat bagian mana yang termasuk konflik batin tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, ditemukan 11 faktor penyebab konflik batin tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa yang terdiri atas 6 kurangnya penghargaan,2 kekecewaan, 2 kecemasan, dan 1 kesalahpahaman. Kedua, ditemukan 9 konflik batin tokoh utama dalam film imperfect karya sutradara Ernest Prakasa yang terdiri atas 3 konflik batin kejiwaan, 6 konflik batin sosial, dan 0 konflik batin alamiah. Ketiga, ditemukan 9 akibat konflik batin tokoh utama dalam film Imperfect karya sutradara Ernest Prakasa yang terdiri atas 3 frustasi, 1 ketidakberdayaan, dan 5 kemarahan. Penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran bahasa Indonesia,terutama pada teks ulasan kelas VIII semester genap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konflik Batin - Tokoh Utama
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:01
Last Modified: 26 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53498

Actions (login required)

View Item View Item