Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 13 Padang

Yofinda, Vanesa (2024) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_VANESA_YOFINDA_20016044_4397_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang meliputi tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menjadi kendala pengimplementasi pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan cara sekolah mengatasi kendala-kendala pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methode (metode penelitian campuran). Di dalam penelitian ini menyertakan data kualitatif dan data kuntitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang dilakukan siswa dan guru di SMP Negeri 13 Padang yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan beberapa hal. Pertama, secara keseluruhan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang, yaitu : (1) tahap pembiasaan, sekolah menyediakan sarana fisik berupa perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku yang bisa dibaca, melakukan kegiatan membaca selama 15 menit dan memberikan buku 1821 (agenda penguatan karakter siswa), (2) tahap pengembangan, berupa kunjungan ke perpustakaan, (3) tahap pembelajaran, tergambar dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas. Kedua, secara keseluruhan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang, yaitu (1) tahap pembiasaan sebesar 73% dengan kategori baik, (2) tahap pengembangan sebesar 68% dengan kategori baik, (3) tahap pembelajaran sebesar 78% dengan kategori baik Ketiga, pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil angket penelitian tentang implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang sebesar 73% dengan kategori baik. Keempat, kendala implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang yaitu kurangnya minat siswa yang masih rendah mengenai kegiatan membaca dan penyediaan sarana dan prasarana yang belum memadai. Kelima, upaya mengatasi kendala implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang yaitu sekolah menyediakan persiapan fisik berupa perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku bacaan, dan memberikan siswa buku 1821 sebagai tagihan kegiatan literasi di akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
CorrectorHenaggil, Domi MitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:59
Last Modified: 22 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53481

Actions (login required)

View Item View Item