Faktor Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Mikraini, Mikraini (2023) Faktor Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_MIKRAINI_16180005_3424_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Jepang mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden penelitian yang diteliti adalah Mahasiswa program studi bahasa Jepang 1 tahun 2020 dengan jumlah 22 orang dan Mahasiswa program studi bahasa Jepang 2 tahun 2021 dengan jumlah 28 orang. Instrumen penelitian ini berupa angket. Langkah langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, membuat angket melalui google form. Kedua, memberikan link untuk mengakses google form kepada responden atau pembelajar mahasiswa tahun masuk 2020 program studi pendidikan bahasa Jepang UNP. Ketiga, membagikan angket yang terdiri dari pernyataan yang berkaitan dengan tingkatfaktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Jepang. Keempat, entabulasi data dari hasil angket mahasiswa. Kelima, mengolah data angket berupa angka. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal lebih berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa daripada faktor internal. Hal ini terlihat dari nilai rata rata pada faktor eksternal lebih besar daripada nilai rata rata faktor internal. Selain itu, faktor internal memiliki persentase yang lebih besar daripada faktor eksternal yaitu 75,3%. Pada faktor internal, terlihat indikator yang paling dominan adalah ketekunan dan sikap mahasiswa. Sedangkan, pada faktor eksternal indikator yang paling dominan adalah lingkungan kampus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZalman, HendriUNSPECIFIED
CorrectorSuciaty, PrisyantiUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, Rahmi OktayoryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:19
Last Modified: 21 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53462

Actions (login required)

View Item View Item